Minggu, 03 Februari 2013

Tujuan dan Fungsi Humas


Humas adalah fungsi manajemen yang mengevaluasi sifat pubik, mengidentifikasi kebijaksanaan-kebijaksanaan dan prosedur-prosedur seorang individu atau sebuah organisasi berdasarkan kepentingan publik, dan menjalankan suatu program untuk mendapatkan pengertian dan penerimaan publik. Humas juga menjadi jembatan antara instansi atau perusahaan dengan masyarakat, humas yang melalui interpretasi yang peka mengenai peristiwa-peristiwa berdasarkan pada komunikasi dua arah dengan publiknya, dan berusahan untuk memperoleh pengertian dan itikat baik.
Humas sangat berperan penting untuk dapat membentuk citra atau image yang baik terhadap masyarakat luas. Adanya citra yang baik terhadap perusahaan. Sebagai sebuah profesi seorang Humas bertanggung jawab untuk memberikan informasi, mendidik, meyakinkan, meraih simpati, dan membangkitkan ketertarikan masyarakat akan sesuatu atau membuat masyarakat mengerti dan menerima sebuah situasi. Posisi humas merupakan penunjang tercapainya tujuan yang ditetapkan oleh suatu manajemen organisasi. Sasaran humas adalah publik internal dan eksternal, dimana secara operasional humas bertugas membina hubungan harmonis antara organisasi dengan publiknya dan mencegah timbulnya rintangan psikologis yang mungkin terjadi di antara keduanya.
Bagian humas itu menjalankan suatau program dari perusahaan atau industri untuk memperkenalkan hasil-hasil produksi dari perusahaan tersebut atau memperluas distribusi barang atau jasa perusahaannya dalam publik serta menjaga nama baik dari perusahaan itu dalam masyarakat. Untuk mencapai itu semua sudah tentu perusahaan atau industri tersebut harus menjalankan usaha-usaha agar masyarakat itu kenal akan perusahaan atau industri tersebut. Suatu perusahaan sudah tentu akan mengemukakan kebaikan-kebaikan dari produksinya sehingga masyarakat mau membeli atau menggunakan jasa perusahaan tersebut. Dalam hal inilah suatu perusahaan memasang reklame, iklan, atau adpertasi disurat-surat kabar untuk memajukan penjualan prosuksinya. Dengan begitu masyarakat akan mengenal produksi dan jasa perusahaan tersebut. Tidak hanya itu humas suatu perusahaan selain mengadakan analisa-analisa, humas juga perlu mengadakan program yang teratur member penerangan kepada masyarakat mengenai beberapa keadaan dan kemajuan dari perusahaannya.
Tujuan fungsi humas atau program kehumasan adalah pencapaian citra yang diharapkan dan pemeliharan citra positif yang sudah berjalan. Fungsi dan tujuan memang agak sukar kita bedakan, karena fungsi adalah hal-hal yang perlu dilakukan untuk mencapai tujuan. Contohnya, tujuan Negara (tujuan nasional) adalah kesejahteraan rakyat atau kemakmuran (prosperity)serta keselamatan atau keamanan (security) bagi rakyatnya. Adapun fungsi Negara adalah untuk mengurus dan menyelenggarakan berbagai hal atau kegiatan (sosial, budaya, hokum, agama, ekonomi, politik, keamanan) yang mensejahterakan rakyat dan melindungi keselamatan rakyatnya.
Jadi, kesimpulannya bahwa tujuan humas adalah Pencapaian citra (yang ditetapkan atau yang diharapkan). Fungsi kehumasan menyangkut upaya pembinaan citra (image) itu. Mulai dari upaya menumbuhkan citra, memelihara atau mempertahankan citra, sampai ke upaya meningkatkan citra (agar lebih baik atau lebih tinggi dari yng sudah ada) dan memperbaiki citra (bila ada gangguan terhadap citra atau ada peristiwa yang membuat citra itu merosot) serta mengembalikan citra yang baik dam positif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar