Humas
adalah fungsi manajemen yang mengevaluasi sifat pubik, mengidentifikasi
kebijaksanaan-kebijaksanaan dan prosedur-prosedur seorang individu atau sebuah
organisasi berdasarkan kepentingan publik, dan menjalankan suatu program untuk
mendapatkan pengertian dan penerimaan publik. Humas juga menjadi jembatan
antara instansi atau perusahaan dengan masyarakat, humas yang melalui interpretasi
yang peka mengenai peristiwa-peristiwa berdasarkan pada komunikasi dua arah
dengan publiknya, dan berusahan untuk memperoleh pengertian dan itikat baik.
Humas
sangat berperan penting untuk dapat membentuk citra atau image yang baik
terhadap masyarakat luas. Adanya citra yang baik terhadap perusahaan. Sebagai
sebuah profesi seorang Humas bertanggung jawab untuk memberikan informasi,
mendidik, meyakinkan, meraih simpati, dan membangkitkan ketertarikan masyarakat
akan sesuatu atau membuat masyarakat mengerti dan menerima sebuah situasi. Posisi
humas merupakan penunjang tercapainya tujuan yang ditetapkan oleh suatu
manajemen organisasi. Sasaran humas adalah publik internal dan eksternal,
dimana secara operasional humas bertugas membina hubungan harmonis antara
organisasi dengan publiknya dan mencegah timbulnya rintangan psikologis yang
mungkin terjadi di antara keduanya.
Bagian
humas itu menjalankan suatau program dari perusahaan atau industri untuk
memperkenalkan hasil-hasil produksi dari perusahaan tersebut atau memperluas
distribusi barang atau jasa perusahaannya dalam publik serta menjaga nama baik
dari perusahaan itu dalam masyarakat. Untuk mencapai itu semua sudah tentu
perusahaan atau industri tersebut harus menjalankan usaha-usaha agar masyarakat
itu kenal akan perusahaan atau industri tersebut. Suatu perusahaan sudah tentu
akan mengemukakan kebaikan-kebaikan dari produksinya sehingga masyarakat mau
membeli atau menggunakan jasa perusahaan tersebut. Dalam hal inilah suatu
perusahaan memasang reklame, iklan, atau adpertasi disurat-surat kabar untuk
memajukan penjualan prosuksinya. Dengan begitu masyarakat akan mengenal
produksi dan jasa perusahaan tersebut. Tidak hanya itu humas suatu perusahaan
selain mengadakan analisa-analisa, humas juga perlu mengadakan program yang
teratur member penerangan kepada masyarakat mengenai beberapa keadaan dan
kemajuan dari perusahaannya.
Tujuan
fungsi humas atau program kehumasan adalah pencapaian citra yang diharapkan dan pemeliharan citra positif yang sudah berjalan. Fungsi dan tujuan memang agak
sukar kita bedakan, karena fungsi adalah hal-hal yang perlu dilakukan untuk
mencapai tujuan. Contohnya, tujuan Negara (tujuan nasional) adalah
kesejahteraan rakyat atau kemakmuran (prosperity)serta
keselamatan atau keamanan (security)
bagi rakyatnya. Adapun fungsi Negara adalah untuk mengurus dan menyelenggarakan
berbagai hal atau kegiatan (sosial, budaya, hokum, agama, ekonomi, politik,
keamanan) yang mensejahterakan rakyat dan
melindungi keselamatan rakyatnya.
Jadi,
kesimpulannya bahwa tujuan humas adalah Pencapaian citra (yang ditetapkan atau
yang diharapkan). Fungsi kehumasan menyangkut upaya pembinaan citra (image) itu. Mulai dari upaya
menumbuhkan citra, memelihara atau mempertahankan citra, sampai ke upaya
meningkatkan citra (agar lebih baik atau lebih tinggi dari yng sudah ada) dan
memperbaiki citra (bila ada gangguan terhadap citra atau ada peristiwa yang
membuat citra itu merosot) serta mengembalikan citra yang baik dam positif.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar